Sabtu, 08 September 2012

Lokakarya Rancangan KUA dan PPAS 2013


Jum’at, 7 September 2012 FORMASI (Forum Masyarakat Sipil) mengadakan Lokakarya Rancangan KUA dan PPAS 2013 di Benteng Van Der Wicjk. Acara tersebut dibuka oleh Yusuf Murtiono selaku Pimpinan Program FORMASI yang dihadiri oleh 45 orang peserta dari unsur DPRD, SKPD, Kecamatan, Kepala Desa, Delegasi Musrenbangcam/ Musrenbangkab, Masyarakat Desa, FORKADA, Perwakilan LSM, Pers, Forum Penulis.
Partisipasi masyarakat dalam upaya mengawal aspirasi dan kebutuhannya melalui prosedur dan mekanisme perencanaan regular daerah diharapkan mampu mendorong meningkatnya program dan kegiatan dari tingkat bawah, dan prinsip bottom up ini dijadikan pijakan utama pemerintah daerah dalam menyusun RKPD maupun APBD. Dari hal ini perlu adanya kesepahaman bersama dalam upaya mengawal aspirasi dan kebutuhan dasar masyarakat terutama pengawalan dalam KU APBD 2013.
Dari Draft KUA-PPAS 2013 ada beberapa catatan kritis yang bisa kita peroleh :
  1. Didalam penyusunan Draft KUA 2013 belum memperhatikan dan mendukung sepenuhnya 11 prioritas Nasional dan 3 prioritas lainnya, walaupun sudah memasukkan sasaran utama pembangunan Nasional dan 3 prioritas lainnya, walaupun sudah memasukkan sasaran utama pembangunan Nasional, hal ini bisa dilihat dari arah kebijakan dan proporsi anggaran untuk prioritas nasional tersebut, padahal ini merupakan amanat dari Permendagri 37 tahun 2012.
  2. Salah satu amanat dari Permendagri 37 tahun 2012 adalah pemerintah daerah harus mensinergikan penganggaran program dan kegiatan dalam penyusunan APBD Tahun Anggaran 2013 dengan kebijakan Nasional, seperti MDGs, Penanggulangan Kemiskinan dll, sinerginats ini belum terlihat dalam draft KUA dan PPAS tahun 2013.
  3. Dalam pembahasan KUA dan PPAS tidak sesuai dengan kalender anggaran yang seharusnya disepakati akhir bulan Juli 2012.
  4. Dalam penyusunan draft KUA PPAS belum melibatkan partisipasi masyarakat, seperti amanat dalam Permendagri No 37 tahun 2012.

Dengan ditemukannya beberapa catatan analisis draf KUA dan PPAS tahun 2013 ini, peserta melakukan diskusi kelompok dengan memperoleh beberapa kesepakatan yang akan dijadikan rekomendasi bersama untuk perbaikan Draf KUA dan PPAS sebelum sampai ke tahapan Draf RAPBD 2013. Rekomendasi inilah yang nantinya akan menjadi masukan bagi Pemerintah Daerah Kabupaten Kebumen sebagai bentuk partisipasi masyarakat dalam Perencanaan dan Penganggaran Daerah.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar